Koas

Malam ini, hari pertama jadi koas anestesi, hari pertama kenal icu, hari pertama bakalan ga tidur 32 jam.

Sambil nulis sambil ngantuk, demi apapun itu. Tanggung jawab yang besar, bahaya kalau tidur.

Kemarin aku pernah nulis tentang kuliah kedokteran. Nah sekarang sesuai janji, aku terusin nulis yang koas. Tapi aku baru beres 2 stase nih. Masih banyak banget stase stase lain menunggu.

Cerita mulai dari mana ya?
Dari pendahuluan koas sepertinya ya, pendahuluan koas itu sama seperti lecture, jadi refresh ilmu yang udah pernah kita dapetin di kuliah kemarin, terus lebih ke penyakit-penyakit yang bakalan sering kita temui di rs, di masyarakat, atau di ujian ukmppd. Ujian wajib kalau udh beres koas dan mau sumpah dokter harus lulus ujian ini.

Pendahuluan koas kemarin kurang lebih 14 hari. selain refresh ilmu dengan lecture, ada juga mini stase. Lebih tepatnya ke real ruangan, real alat, real kasus, real pasien dalam waktu 1 hari. Beruntung aku pendahuluan koasnya di rumah sakit tempatku koas, jadi sembari menyelam minum air lah istilahnya.

Sehabis pendahuluan, aku langsung masuk ke stase mata, stase dengan kesibukan, ke bahagiaan, kebersamaan, dan perjuangan. Walaupun ga seperjuangannya anestesi. Stase awal ini punya segudang cerita. Mulai dari alat canggih yang harganya selangit yang kita pake asal-asalan, pas tau harganya selangit pas mau beres stase mata, jadi biasakan tanya harga alat yang akan digunakan, hargai dan puji ! Hahahha. Terus ada lagi cerita horor, ah masa iya? Mata? Iya loh ngapain bohong. Nih aku ceritain ya

P : pasien ( nenek2, gangguan pendengaran, gangguan penglihatan)
Dk1 : dek koas 1 (yang meriksa) berdiri di depan mbah
Dk 2 : dek koas 2 ( yang mendampingi yang meriksa? Berdiri disamping dk1)
Dkk : dek koas kelompok (2 orang, yang menggosip dan selfie termasuk aku didalamnya) di pojok ruangan.

Itu pagi hari, pas poli masih sepi, aku sama temen-temen baru selesai makan nasi goreng di kantin. Kita langsung cus ke poli mata. Ternyata udah ada berkas pasien aja, kita panggil lah pasiennya buat diperiksa, si pasien di periksa sama temenku, periksa visus pakai snellen chart. Nahh disini yang serem.

Dk1 : mbah, yang di depan berapa mbah angkanya (sambil teriak2)
P : ###!"@:72= ngomong bahasa jawa tok yang kebetulan ga nyambung dan si dk1 ga ngerti bahasa jawa.

Karena adegan teriak-teriak bahasa maksain jawa dengan jawa asli,
Dkk : itu dk2 bantuin kan kamu org jawa pinter bahasa jawa.
Dk2 : oke bepp. Mbah iki piro? Sambil teriak2, dan si mbah masih kaga nyambung juga.
Dkk : mbah mbah iki piro, ndelok jari aku, jari dokter
P : bu dokter loro, putih2 siji, jadi telu.

Kebayangkan, putih-putih itu apa? Aku ga terlalu pusingin. Mungkin ga nyambung aja

Dkk : dk2 coba kamu kesini ke arah kita, mungkin mbahnya cuma bisa lirik ke kita aja.
Dk2 : oke bep, mbah iki piroo? Sambil ke sudut ruangan
P : bu dokter 2, putih2 1, tambah 1 bu dokter jadine papat

Ternyata si putih jadi kemasuk ke hitungan lagi. Dan kita lari ketakutan.

Sekian.. lanjut cerita lain, cerita yang bener2 bkin hati ini bangga udah jadi seorang dokter, walaupun kerjaan setiap  hari ngedumel operasi terus, pasiennya banyak banget, jadi ad pasien post operasi katarak, dy bner2 minta tolong sama dek koas ini buat sembuhin matanya, apalah daya, dek koas cuma bisa bilang insyaAllah ya mbah kita doa aja. Karena kesembuhan milik Allah dan dan yang operasi pun dokter spesialisnya, dek koas tugasnya anamnesa sama periksa jadilah diagnosa. Karena dek koas lama ketemu pasien, jadi pasiennya berharap sama dek koas. Si mbah pun berharap dengan sangat, percaya kalau dek koas lah yang bakalan nyembuhin, akhirnya setelah operasi berjalan lancar, si ibu pas kontrol kedua nyariin aku. Dia bilang makasih, sekarang dia bisa ngeliat muka cucu-cucunya dan tingkah lucu cucunya. dan itu bkin terenyuh, terharu. Yang bagi aku pegel berdiri nungguin pasien di operasi, tapi bagi pasien itu harapan dia satu satunya. Bener2 pelajaran berharga yang ga akan bisa di dapatkan dimanapun.
Lakukan yang terbaik buat orang lain.

Ada lagi cerita yang konyol, pas lagi periksa visus pasien, si pasien ga bisa bahasa indonesia, bisanya bahasa yang cuma dia dan aku yang ngerti, yap bahasa daerah ibuku. Asik aja aku ajakin ngobrol, periksa. Eh pas dokter spesialis datang, pas giliran diperiksa si ibu, dag dig dug bener ga nih diagnosa aku, eh si ibu bawa rombongan. Bawa anaknya, si ibu pede aja bilang kalau aku calon menantu dia, aku ditawarin sama semua anak anaknya. Astaga -_- jadi dikongekin oleh yang lain gara2 kejadian itu

Yang best part adalah dokter spesialisnya bener2 baik banget, dia ga pernah marah kalau aku buat kesalahan, sefatal apapun itu, kesalahan yang sampe aku sendiri pun nangis kenapaaa? Yang lain marah. Dia sendiri engga, dokternya marah kalau aku ga belajar dan aku ga bisa jawab pertanyaan dia. Itu bener2 dokter spesialis yang the best nya kebangetan. Dokter spesialis terwibawa, ter ter ter the best theacher a whole world. Aku harus hebat, cuma itu satu satunya caraku membalas beliau.

Sekian dulu ya :) baca-baca tulisan aku yang lain dulu, siapa tau bermanfaat. Tunggu kelanjutan stase tht :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOAS OBGYN (Obstetric and Gynecologic)

Case Report Sinusitis Stase THT KOAS (Laporan Kasus Sinusitis)

DIAGNOSA DAN PENATALAKSANAAN OSTEOMIELITIS