KOAS OBGYN (Obstetric and Gynecologic)

Ga kerasa udah di lima minggu jadi koas di stase Obgyn. minggunya terbiasa tentang segala hal yang berbau CITO, ketidak pastian, ketidak pastian jadwal, mulai dari jadwal belajar, jadwal main sama temen-temen, jadwal operasi, jadwal visite, jadwal makan, bahkan yang lebih parah yaitu jadwal mandi. saking ga pastinya ada anak koas yang sampai berlumut, lama sudah dia tidak menyentuh air dan sabun, dia takut ada jadwal menadak CITO kalau mandi hahahaha

OBGYN dibagi jadi tiga bagian untuk dek koas, bagian pertama di OK, bagian kedua di VK dan terakhir di POLI. ngapain aja sih kak di OK, VK, POLI itu? jadi gini yaaa, yang di OK ( OR) itu tempatnya ngoperasi pasien-pasien obstetri dan ginnekologi, salah satunya yang paling dominan untuk operasi OBGYN adalah sectio caesar, karena si ibu ga bisa atau kontra indikasi melahirkan secara normal. sewaktu jaga di bagian OK, semua hal harus dipertimbangkan secara matang, mulai dari apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipesan, lama waktu bermain, jarak dan lokasi tempat yang akan dituju dengan rumah sakit, alternatif way kalau macet dan gang-gang tikus yang bisa di andalkan pada waktu CITO memanggil. ada cerita, setelah habis CITO SC kita memutuskan untuk karaokean 2 jam (emang salah kita) baru duduk di sofa empuk dan mic pun belum kepegang sama sekali udah ada pemberitahuan SC CITO.  tapi ga selamanya operasi CITO rame, misalnya pada saat diem dikamar nungguin CITO, ga akan muncul. operasi CITO bisa mendeteksi dek koasnya lagi happy atau engga. jadi mending bobo cantik di kamar.

yang selanjutnya di VK (Verlos Kamer) atau ruangan bersalin, tau kan tempat ini buat apa, buat belajar bersabar. JELAS, udah jelas banget. disini kalian harus banget wajib banget punya energy yang banyak, charge full, beli power bank kalau bisa, dan sistem imun yang sekelas pasukan elite tentara Indonesia tercinta wajib hukumnya, karena disini bukan tempat buat bersantai, sebentar boleh lah ya. karena ibu yang mau melahirkan ga kenal waktu, dia bisa saja datang tengah malam, tengah hari, sore, subuh, pagi, disaat dek koas terlelap di dunia mimpi, mereka datang. dan setiap pasien yang datang harus di observasi setiap 15 menit -1 jam sekali, belum lagi follow up pasien setiap subuh yang jumlahnya lumayan bikin pegal, dan dek koas, dek keset lebih pantasnya itu ngerjain semua hal. say goodbye to bobo cantik. wellcome kekucelan dan kekumelan. sempat aku ngerasain yang namanya down banget disini, titik jenuh yang teramat sangat dan menyalahi keadaan kenapa kuliah lama dan mahal hanya untuk jadi seperti ini. tapi, disitulah sahabat, orang yang dicintai datang. menyemangati. indahnya silaturahmi :) indahnya mencintai dan dicintai. serumit apapun, selelah apapun itu ga akan terlalu terasa karena mereka.

the next stop is POLI. nah kalau mau santai pijit-pijit sambil luluran, bisa disini, jadwalnya pasti, 13.00 sampai 17.00 nongkrong cantik di poli. kerjaannya anamnesa ala ala dokter cantik yang sebelumnya seperti tidak pernah melalui kerja rodi 7x24 jam, terus ikutan USG kandungan, nulis resep, surga lah sepertinya, surga dunia aja nikmatnya, apalagi surga Allah yang sesungguhnya ya. tapi jangan sampai karena kita nyantai disini kita beneran santai, kan di OK,VK kita ga ada waktu buat ngerjain tugas dan belajar. ya di POLI, dengan jadwal pasti dan sedikit waktu kerjanya tugas harus diberesin. ngomong- ngomong soal tugas, banyak banget tugas yang harus di buat, tugas? wait, what? iyaa tugas, udah koas juga ga lepas dari tugas, tugasnya yaitu referat, case report, sama journal reading. yah, namanya dek koas, masa perjuangan, jadi sekali lagi jalani aja dengan ikhlas dan banyak bersyukur. insyaAllah satu stase ga kerasa-kerasa amat. insyaAllah.

kesan dan pesan :
kesan : Capek gimana gitu, kurang tidur, kurang konsentrasi, peperangan emosi karena sama sama cape. tapi dibalik orang sukses, pasti ada perjuangan yang tinggi.
pesan : jaga kesehatan dan banyak-banyak sabar.

sampai ketemu lagi di stase Penyakit Dalam
with love-


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Case Report Sinusitis Stase THT KOAS (Laporan Kasus Sinusitis)

DIAGNOSA DAN PENATALAKSANAAN OSTEOMIELITIS